Pengendara Harus Tahu, Berikut Cara Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama

  • Whatsapp
Pengendara-Harus-Tahu-Berikut-Cara-Merawat-Rantai-Motor-Agar-Tahan-Lama
Foto dari Canva Pro

Semua komponen dalam kendaraan bermotor sangat penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah rantai. Bagian tersebut merupakan hal yang cukup vital, karena berhubungan dengan kualitas saat berkendara di jalan. Maka dari itu, rantai motor motor juga memerlukan perawatan agar bisa berfungsi dengan baik. Agar rantai tahan lama, yuk simak cara merawat rantai motor berikut ini.

Tips Menjaga Rantai Pada Motor Agar Awet

1. Rutin Membersihkan Rantai

Letak rantai yang berdekatan dengan ban motor menyebabkan komponen satu ini mudah sekali kotor. Mulai dari karena terkena pasir, debu, bahkan hingga karena lumpur. Oleh sebab itu, anda seharusnya rutin untuk membersihkan bagian ini, agar rantai motor terhindar dari karat dan masalah lainnya. Apalagi saat ini sudah tersedia beraneka macam produk pembersih rantai yang dapat anda gunakan untuk membantu kinerja rantai motor.

2. Rutin Melakukan Penyetelan Pada Rantai

Kegiatan satu ini perlu dilakukan setiap anda ingin berkendara. Pengecekan tersebut untuk melihat kondisi rantai motor masih kencang atau sudah kendur. Jika sudah mulai kendur, sebaiknya anda melakukan penyetelan ulang. Anda bisa meminta tolong pada mekanis bengkelĀ  jika anda tidak bisa menyetelnya secara mandiri.

3. Memberikan Pelumas

Cara merawat rantai motor selanjutnya adalah dengan memberikan pelumas. Tidak hanya mesin, rantai juga memerlukan pelumas agar melancarkan kinerjanya. Terdapat pelumas yang di khususkan untuk rantai motor. Namun, kebanyakan orang sering menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai motor. Padahal, cara tersebut adalah langkah salah yang bisa menyebabkan kerusakan pada rantai motor, sehingga rantai tidak akan tahan lama.

4. Menggunakan Rantai Yang Original

Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rantai KW, namun penggunaan rantai original lebih disarankan. Hal tersebut dikarenakan, kebanyakan rantai berharga terjangkau memiliki kualitas yang biasa saja bahkan cenderung buruk. Maka dari itu, tidak ada salahnya anda mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal untuk mendapatkan rantai motor yang original.

Semua komponen pada motor memang memerlukan perawatan, tak terkecuali rantai. Ada berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk menjaga rantai motor agar tahan tahan lama. Dimana langkah dalam perawatannya terbilang mudah untuk anda lakukan secara mandiri. Selain itu, untuk mempraktekannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *