Ultimate magazine theme for WordPress.

Macam Macam Jerawat Yang Perlu Anda Ketahui

0

Tiap-tiap orang berharap mempunyai wajah mulus tanpa jerawat. Masalahnya, tak sedikit yang wajahnya dipenuhi dengan jerawat. Mengapa dapat seperti itu?

Apakah Anda jenis orang yang kerap kali mengalami kemunculan banyak jerawat sekalian dalam satu waktu dan tersebar di semua wajah? Anda tak sendirian. Variasi jerawat ini biasa disebut jerawat pasir atau jerawat derajat sedang dalam bahasa medisnya.

Sesungguhnya apa itu jerawat pasir? Apa bedanya dengan jerawat lazim? Simak penjelasannya di bawah ini.

Serba-serbi jerawat pasir yang perlu Anda kenal

1. Mirip jerawat lazim, melainkan bukan komedo

Jerawat pasir sesungguhnya sama seperti jerawat lazim yang kadang timbul satu dua buah sekali-sekali waktu. Cuma saja, jerawat pasir berukuran kecil berisi abses (lemak dan kotoran) dan datangnya bergerombol keroyokan. Namun, jerawat pasir bukan termasuk komedo.

Kala seandainya kulit telah meradang parah, jerawat juga dapat berwarna kemerahan. Penting untuk tak mengeluarkan isi jerawat secara paksa, sebab hal ini dapat menyebabkan kulit wajah kian meradang.

2. Mudah menyebar di semua wajah

Jerawat ini menyukai timbul di komponen pipi atau dahi. Namun jangan pernah memencet jerawat untuk mengeluarkan isi jerawat secara paksa. Pada dasarnya, jerawat terwujud dari penumpukan minyak wajah, lemak di bawah kulit, dan kotoran. yang menyumbat pori. Nah, memencet jerawat bisa memengaruhi jumlah penyebaran jerawat yang terbilang pesat.

3. Penyebabnya mungkin hormon atau stres

Bakteri dan kotoran di tangan bisa menolong menyebarkan jerawat di wajah bila Anda kerap kali iseng meraba muka. Tapi ada sejumlah unsur lainnya, seperti stres dan hormon, yang dapat mendonasi kegawatan jerawat pasir. Perubahan hormon selama kehamilan dan menopause juga bisa menyebabkan munculnya jerawat pasir, sehingga wanita mungkin lebih rentan jerawatan.

4. Malas membersihkan make-up dapat menyebabkan jerawat pasir

Keparahan jerawat pasir tak cuma timbul dari budaya memencet jerawat saja, tapi juga dari penerapan riasan wajah. Ini sebab sisa-sisa dari kosmetika akan menjadi kotoran yang merekat di wajah dan bercampur dengan minyak natural kulit sehingga dapat menyumbat pori wajah. Dikala Anda malas cuci muka, karenanya tak menutup kemungkinan seandainya jerawat dapat timbul.

Bagaimana sistem mengobati jerawat pasir?

Jerawat pasir umumnya diobati dengan obat jerawat minum yang diresepkan oleh dokter kulit, seperti doxycycline, minocycline, tetracycline, atau erythromycin. Obat-obatan antibiotik ini kerap kali diaplikasikan sebab memang mempunyai sifat antibakteri.

Namun kecuali berobat di dokter, Anda juga dapat menyelesaikan jerawat di wajah dengan bermacam-macam sistem gampang di bawah ini:

• Hindari sabun muka yang berbahan kimia keras, seperti yang mengandung merkuri atau hydroquinon

• Jangan memencet jerawat dengan tangan atau alat lain. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan jerawat menyebar lebih banyak.

• Jangan lupa untuk senantiasa mengaplikasikan tabir surya khusus wajah. Pilih yang berbahan dasar cocok tipe kulit. Pasalnya, krim atau obat jerawat yang Anda pakai bisa membikin Anda sensitif kepada cahaya sang surya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.