Lebih Untung Mana? Menggunakan Layanan Fintech atau Bank Konvensional?

  • Whatsapp
Lebih-Untung-Mana-Menggunakan-Layanan-Fintech-atau-Bank-Konvensional
Foto dari Canva Pro

Finansial adalah satu diantara sekian banyak bidang yang mendukung perekonomian negara. Nah, seiring berkembangnya teknologi, bidang finansial pun mengalami perkembangan juga. Perkembangan tersebut adalah gabungan antara finansial dan teknologi atau yang sering disebut sebagai financial technology atau fintech.

Perkembangan teknologi di Indonesia terus mengalami perkembangan, pertama-tama ditandai dengan munculnya AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia), AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), dan sekarang akan muncul asosiasi baru yaitu asosiasi yang mengurusi bidang financial technology.

Lalu apakah pengertian fintech? Pengertian menurut NDRC atau National Digital Research Centre adalah sebuah istilah yang digunakan dalam menyebutkan sebuah inovasi di bidang finansial. Kata tersebut mengacu pada inovasi finansial yang mendapatkan sentuhan teknologi. Konsep financial technology mengadaptasi perkembangan teknologi yang digabung dengan bidang lainnya, yaitu bidang finansial.

Diharapkan dengan adanya financial technology mampu menghadirkan sebuah proses transaksi keuangan yang lebih aman, praktis, dan modern. Menurut fintech OJK, Financial technology sebenarnya pun terbagi menjadi beberapa kategori, mulai dari kategori proses peminjaman uang dengan peer to peer lending, proses pembayaran, transfer serta jual-beli saham.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Accenture, investasi dalam bidang financial technology merangkak naik hingga 3 kali lipat hanya dalam kurun tahun 2008 – 2013. Bahkan dari tahun 2010 – 2013, nilai investasi di bidang financial technology berkembang mencapai 4 kali lipat. Perkembangan yang masif ini lama-kelamaan mempengaruhi gaya hidup masyarakat di seluruh dunia.

Mengapa financial technology dapat berkembang dengan begitu cepat? Jawabannya tentu karena financial technology memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat, bagi penggunanya. Lalu seperti apa keuntungannya?

  • Membantu perkembangan startup

Karena bidang financial technology masih tergolong baru, masih banyak yang bisa digali dan dijadikan ide untuk usaha. Apalagi bidang finansial masih menjadi pengetahuan inklusi bagi masyarakat Indonesia, belum banyak yang memahaminya dengan baik. Apabila bidang-bidang tersebut terus digali, akan semakin banyak ide-ide menarik yang bermunculan dan bisa dikembangkan menjadi sebuah startup.

  • Meningkatkan taraf hidup

Kemudahan layanan perbankan dan finansial mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Contohnya saja kemudahan dalam mendapatkan modal usaha dalam membangun UMKM. Bila mengajukan permohonan modal usaha ke bank, selain proses administrasi yang sulit, beban bunga yang ditanggung juga besar. Namun dengan financial technology, pelaku UMKM bisa mendapatkan modal usaha dengan bunga yang lebih rendah.

  • Perkembangan bitcoin

Di Indonesia maupun di seluruh dunia, perkembangan bitcoin masih pasang surut karena banyak kendala, terutama kendala hukum. Namun dengan adanya financial technology perlahan-lahan perkembangan bitcoin semakin naik. Setidaknya di seluruh dunia sudah ada 2,5 miliar pengguna bitcoin  yang dapat melakukan transaksi pembayaran atau pengiriman uang tanpa perlu memiliki akun bank.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *