Ultimate magazine theme for WordPress.

Inilah Makanan MPASI yang Bergizi dan Cocok untuk Bayi

0

Agar bayi tumbuh kembang dengan optimal, memperhatikan asupan nutrisinya sehari-hari menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Sejak anak dari kandungan hingga lahir dan berusia 2 tahun, kebutuhan nutrisi gizinya perlu menjadi perhatian bagi orang tua. Karena menurut penelitian menyebutkan bahwa 1.000 hari pertama kehidupan sejak masa bayi berada di dalam kandungan adalah masa paling penting untuk bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Ketika bayi berusia di bawah 6 bulan, asupan nutrisinya masih bergantung pada ASI. Namun ketika menginjak usia 6 bulan ke atas, anak harus mulai dikenalkan dengan makanan padat sebagai makanan pendamping asi atau MPASI.

Bagi orang tua yang masih pertama kali memiliki bayi kecil, tentunya masih belum begitu berpengalaman untuk memilih makanan pendamping asi untuk buah hatinya. Untuk memilih makanan pendamping asi untuk si buah hati memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena harus memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan pendamping asi yang bagus diberikan untuk si kecil agar tumbuh kembangnya optimal, antara lain:

1. Alpukat

Buah yang satu ini terkenal kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan dan juga bagus untuk perkembangan otak anak. Komposisi lemak sehat di dalam buah alpukat ini hampir serupa dengan komposisi lemak pada asi. Untuk cara pengolahan alpukat sebagai makanan pendamping asi yaitu dengan menghaluskan buah alpukat yang sudah matang dan mencampurkannya dengan sedikit asi atau susu formula bayi sehingga lebih mudah untuk ditelan si kecil.

2. Ubi jalar

Kandungan beta karoten pada ubi jalar yang diubah menjadi vitamin C sangat bagus untuk kesehatan mata anak dan melindungi dari pengaruh infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C dan mineral di dalamnya juga sangat bagus untuk perkembangan otak bayi. Untuk penggunaan ubi jakar sebagai MP ASI anak bisa dengan cara menghaluskan ubi jalar yang sudah matang agar mudah ditelan oleh si kecil.

3. Pisang

Selain mengandung potasium yang bagus, buah pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Anda bisa menggunakan jenis pisang susu, pisang emas, atau pisang ambon untuk diberikan pada si kecil. Untuk penyajiannya cukup dengan mengerok pisang yang sudah matang dengan sendok atau dengan cara menghaluskannya dengan blender.

4. Daging

Untuk jenis daging yang bisa diberikan sebagai makanan pendamping asi, seperti daging ayam, sapi, dan domba. Di dalam daging mengandung protein, zat besi, seng, vitamin B6, niacin, dan riboflavin. Mengingat daging memiliki tekstur yang susah dikunyah, berikan ketika anak berusia 7-10 bulan ke atas. Anda bisa menyajikan daging dalam sup atau bentuk sajian lainnya yang lebih mudah untuk si kecil menikmatinya.

5. Labu kuning

Labu kuning sangat kata akan beta karoten yang bagus untuk kesehatan mata si kecil. Selain itu, juga sangat kaya akan kandungan vitamin C. Untuk menyajikan labu kuning bagi si kecil, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan cara dipanggang atau dikukus, kemudian haluskan agar mudah untuk ditelan bayi.

6. Pepaya

Buah pepaya sebagai MPASI sangat baik untuk pencernaan bayi. Hal ini lantaran buah pepaya mengandung serat dan enzim papain di dalamnya. Tak hanya itu saja, buah pepaya juga sangat kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan folat. Untuk penyajian buah pepaya sebagai makanan pendamping asi si kecil, cukup bersihkan dan haluskan hingga teksturnya lembut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.