6 Tips Menjaga Kesehatan Mata ala SehatQ.com

  • Whatsapp
5-Cara-SehatQ-Agar-Anda-Bisa-Tidur-Lebih-Awal-dan-Memiliki-Tidur-yang-Berkualitas
Foto dari Canva Pro

Mata memiliki fungsi utama untuk melihat objek jarak jauh maupun dekat dengan bereaksi terhadap cahaya. Sebagai jendela dunia, kesehatan mata harus dijaga setiap saat sebab ketika tidur pun mata tetap bekerja. SehatQ.com memberikan tips kepada Anda untuk menjaga kesehatan mata karena organ satu ini sangat rentan terhadap penyakit dan gangguan lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Berikut tips yang bisa Anda terapkan agar mata senantiasa sehat.

1. Mengonsumsi kecipir

Kecipir merupakan salah satu jenis polong-polongan yang merambat dan banyak ditemukan di daerah Papua dan Pulau Jawa. Vitamin A dan B1 yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kesehatan mata dan kualitas penglihatan Anda. Kedua vitamin tersebut menghindarkan Anda dari penyakit katarak dan glukoma.

Anda dapat memasak kecipir dengan berbagai pilihan olahan seperti membuatnya menjadi keripik pedas atau kecipir tumis lengkap dengan sambal terasi. Pastikan tidak mengolahnya terlalu lama sebab dapat menghilangkan khasiat atau vitamin pada kecipir itu sendiri.

2. Mengonsumsi tomat ceri

Tomat ceri berbeda dengan tomat pada umumnya sebab ukurannya lebih sering mirip dengan buah ceri. Tomat jenis ini banyak digunakan untuk membuat salad. Kandungan beta-karoten pada tomat ceri lebih banyak dibandingkan tomat biasa. Bersama kandungan likopen dan lutein, ketiganya berperan aktif untuk melindungi mata dari katarak dan juga degenerasi makula yang diakibatkan oleh penuaan.

3. Mengonsumsi ciplukan

Pernah dipandang sebelah mata, kini ciplukan terbukti khasiat dan manfaatnya. Bahkan di mall-mall besar ciplukan dibandrol dengan harga tinggi. Kandungan pada ciplukan hampir sama seperti tomat ceri yaitu mengandung lutein dan berakatoren yang baik untuk kesehatan mata.

SehatQ.com menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah ciplukan secara berkala. Saat ini pun sudah banyak minuman bubuk dari ekstrak buah ciplukan yang mudah didapat.

4. Hindari cahaya redup saat membaca

Aktivitas membaca memang menyenangkan sambil rebahan atau tengkurap. Meskipun menyenangkan tetapi hal tersebut tidaklah baik untuk kesehatan mata. Termasuk membaca dalam cahaya kurang terang atau redup.

Retina mata akan memproduksi zat kimia yang mempunyai tingkat sensitifitas lebih tinggi terhadap cahaya redup. Hal tersebut dapat mengurangi fokus Anda dalam membaca dan menyebabkan mata mudah perih dan gatal.

5. Menjaga jarak aman dengan layar

Layar smartphone, komputer dan TV memiliki tingkat radiasi tinggi dan tidak baik untuk mata. Anda harus mengatur jarak yang tepat antara layar dengan posisi mata. Setidaknya 30 cm jarak antar keduanya.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mengatur durasi di depan layar. Terlalu lama di depan layar dapat menyebabkan mata berair dan nyeri pada leher. Apabila banyak pekerjaan di depan komputer, istirahatlah setidaknya setelah 1 jam berada di depan layar.

6. Rutin cek kesehatan mata

Sama halnya seperti merawat kulit wajah yang harus dilakukan secara rutin, mengecek kesehatan mata juga harus dilakukan secara rutin. Tanpa perlu menunggu sakit atau muncul kerusakan pada mata, cobalah untuk konsultasi kepada dokter faskes 1 jika Anda adalah pasien BPJS Kesehatan. SehatQ.com juga menyarankan Anda untuk tes mata setidaknya dua tahun sekali secara rutin.

Sebagai indera penglihatan dengan susunan saraf yang rumit dan sensitif, penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam beraktivitas supaya tidak mengalami kecelakaan yang dapat membuat kerusakan pada mata. Hindari kosmetik mata yang berlebihan dan pakailah helm atau kacamata ketika bepergian dengan kendaraan bermotor.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *