5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Akibat Kerja di Depan Laptop dari SehatQ

  • Whatsapp
5-Cara-Menjaga-Kesehatan-Mata-Akibat-Kerja-di-Depan-Laptop-dari-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Rutinitas harian di kantor atau kuliah yang memakai komputer setiap hari bisa menciptakan masalah kesehatan serius. Selain sakit punggung dan risiko cedera regangan, Anda akan mengalami masalah penglihatan. Mata yang menjadi berair, mata kering, mata lelah, pusing, dan sindrom penglihatan lain menjadi hal vital yang patut Anda waspadai. Guna mencegah dampak yang lebih serius, ada baiknya Anda mencegah risiko penglihatan memburuk dengan memakai kacamata anti radiasi.

Cara mengatur kerja di depan komputer

Jika Anda memang tidak bisa lepas dari perangkat komputer atau laptop, sebaiknya ketahui bagaimana cara mengatur kerja di depan komputer yang aman yaitu :

Read More

1. Memastikan pencahayaan dengan baik

Bekerja di ruang yang gelap atau pencahayaan minim sangat tidak disarankan bila Anda ingin mata sehat terus. Usahakan pencahayaan di ruangan cukup terang, tetapi tidak lebih terang dibandingkan dengan layar komputer. Kalau perlu menambahkan filter radiasi, Anda bisa memakaikannya pada layar komputer.

2. Atur jarak pandang

Jarak pandang yang terlalu dekat bisa berdampak pada gangguan penglihatan Anda. Anda harus tahu bahwa jarak pandang dengan komputer minimal adalah 30 sentimeter atau jarak pandang paling ideal yang disarankan ahli sekitar 50-60an sentimeter. Jika Anda harus mengetik dari buku atau makalah, pastikan meletakkan sumber di dekat komputer dengan posisi bersandar. Hal ini bisa mengantisipasi keinginan Anda untuk melihat ke bawah saat tengah mengetik. Pelajari cara mengetik sepuluh jari agar Anda bisa melakukan pekerjaan lebih cepat dan efisien.

3. Jangan terpaku pada komputer terus menerus

Alihkan perhatian Anda pada sudut pandang lain sesekali agar tidak terpaku pada layar. Meletakkan pot bunga atau tumbuhan berwarna hijau di sudut ruangan bisa memberikan relaksasi pada mata dan pikiran Anda. Mengalihkan perhatian selama dua puluh detik setiap dua puluh menit bekerja bisa membantu mata istirahat dengan baik. Jika mata mudah lelah atau kering, berikan tetes mata yang terpercaya.

4. Mengatur kecerahan layar

Jangan lupa untuk selalu mengatur kecerahan layar sesuai kenyamanan mata Anda sendiri. Anda bisa mengaturnya dengan baik pada menu pengaturan yang tersedia di komputer. Tingkat kecerahan yang ideal sesuai kebutuhan mata masing-masing bisa mencegah masalah penglihatan.

5. Memakai kacamata anti radiasi

Jangan lupa mengoptimalkan kesehatan diri sendiri dengan memakai kacamata anti radiasi. Anda bisa mendapatkan produk yang orisinal dan terpercaya lewat review positif para pengguna lain di berbagai media. Memakai produk yang berkualitas efektif mencegah masalah penglihatan Anda menjadi semakin buruk akibat paparan radiasi sinar biru setiap hari.

Selain beberapa cara mencegah kesehatan mata memburuk akibat bekerja terlalu lama di depan komputer, pastikan Anda meregangkan otot yang kaku akibat duduk berlama-lama dengan berdiri dan berjalan setiap 1-2 jam sekali. Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat, minum air putih, cukup istirahat, dan rajin melakukan olahraga sebelum pergi ke kantor.  Pola hidup sehat merupakan solusi agar pekerjaan Anda di era digital bisa seimbang tanpa terganggu masalah kesehatan tubuh akibat paparan radiasi.

Bila Anda memiliki masalah penglihatan serius, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter mata terpercaya hanya di SehatQ. Rekomendasi kacamata anti radiasi yang bagus bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau di situs resmi, termasuk tips dan trik kesehatan yang lain. Ingin mendapatkan pelayanan dan akses kesehatan yang mudah di era digital, kunjungi laman resmi SehatQ dari ponsel atau PC Anda sekarang juga!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *