5 Cara Mengirimkan Barang Pecah Belah ke Luar Negeri

  • Whatsapp
5-Cara-Mengirimkan-Barang-Pecah-Belah-ke-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Pengiriman barang ke luar negeri mungkin memang cukup ribet karena memiliki risiko yang tergolong tinggi. Perjalanan lintas negara membuat barang yang diikirim berisiko mengalami kerusakan. Termasuk untuk kirim barang ke Arab Saudi yang artinya barang harus melewati perjalanan cukup lama. Apalagi jika jenis barang yang dikirim adalah barang pecah belah.

Mengemas Pecah Belah

Meskipun memiliki risiko yang tinggi, namun pengiriman barang pecah belah masih bisa dilakukan bahkan dengan tujuan lintas negara. Namun proses pengiriman harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar barang bisa sampai dengan selamat. Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengirim barang pecah belah:

1. Pilih Jasa Ekspedisi Terbaik

Pertama, silakan pilih layanan jasa ekspedisi yang kredibel. Apapun jenis barang Anda tentu bisa sampai dengan selamat jika memakai layanan pengiriman yang tepat. Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah kredibel dan memang bisa melayani jasa pengiriman ke negara tujuan Anda. Pastikan juga bahwa jasa ekspedisi tersebut legal dan bisa menjamin keamanan barang.

2. Lakukan Packing dengan Aman

Kunci pengiriman barang yang aman adalah packing atau pengemasan. Jika barang yang akan dikirim memang mudah pecah maka harus dilakukan packing yang aman. Kemas barang Anda dengan pembungkus yang aman dan gunakan lapisan pengaman. Pastikan barang diatur dan disimpan dengan baik dalam wadah. Gunakan bubble wrap dan box kayu yang kuat untuk menjamin keamanan barang agar tidak rusak.

3. Pastikan Ada Garansi

Sangat penting untuk melindungi barang Anda dengan memakai jasa asuransi. Coba tanyakan juga kepada jasa ekspedisi yang akan Anda gunakan. Apakah pengiriman barang akan dijamin garansi atau tidak. Misalnya saat Anda mengirimkan barang ke Arab Saudi, tanyakan biaya kirim barang ke Arab Saudi dan apakah biaya tersebut sudah termasuk garansi atau belum.

4. Gunakan Label

Selanjutnya pakailah label untuk menunjukkan bahwa barang yang akan dikirim adalah barang yang rentan rusak. Anda tak harus menuliskan jenis barang yang akan dikirim demi kepentingan privacy. Cukup buat keterangan bahwa barang tersebut mudah rusak. Label ini akan membantu petugas ekspedisi untuk memperlakukan barang dengan baik selama proses pengiriman.

5. Buat Laporan

Jangan lupa buat juga laporan kepada pihak layanan jasa ekspedisi yang Anda gunakan. Laporkan bahwa barang yang dikirim rentan rusak atau mudah pecah. Laporan ini nantinya akan membantu pihak ekspedisi untuk mengurus barang dengan cara yang tepat agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Itulah tadi 5 cara mengirimkan barang rentan rusak ke luar negeri. Asalkan teliti dan hati-hati, Anda bisa kirim barang ke Arab Saudi dan berbagai lokasi negara lainnya dengan aman. Pastikan proses pengirimannya berjalan lancar dengan selalu melakukan tracking perjalanan paket.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *